Kamis, Juli 10, 2008

Kanagarian Koto Tangah & Kecamatan Tilatang kamang

Sabalun manjalehkan keadaan geografis kenagarian koto tangah (KOTAS) serta kecamatan Tilatang Kamang (TILKAM).Pintak jo maaf ambo kirimkan kapado angku datuak, Niniak mamak sarato bundo kanduang nan ado di daerah Kanagarian Koto Tangah & Kecamatan Tilatang Kamang.

Keadaan Geografis Kecamatan Tilatang Kamang
Luas Kecamatan menurut SK Gubernur 143.487.1993 yaitu 193,96 km²,
dengan ketinggian dari atas permukaan laut 850 meter, Kelembaban rata-rata 83%, dengan kecepatan angin maksimum 20 km/jam dan minimum 4 km/jam, curah hujan : H 123,04 mm, memiliki batas-batas wilayah, sebagai berikut :

a. Sebelah Utara : Kabupaten 50 kota
b. Sebelah Timur : Kecamatan IV Angkat Canduang dan Kec. Baso
c. Sebelah Selatan : Kota Bukit Tinggi
d. Sebelah Barat : Kecamatan Palupuh

Kecamatan Tilatang Kamang terbagi menjadi 3 Nagari, yaitu

a). Nagari Gadut
b). Nagari Koto Tangah
c). Nagari Kapau

Keadaan Geografis Kenagarian Koto tangah
Penduduk Nagari Koto Tangah berasal dari Ampek Angkek, Kemudian turun ke Koto Tangah melalui Namuang. Setelah diarahkan pandangan ke depan, nampaklah bukit nun jauh didepan yang diatasnya berawan dan dinamai dengan “ cacah awan”. Dan begitu pandangan diarahkan pandangan ke kanan, nampaklah semak-semak pandan dan dinamai “ pandan”. Kemudian diarahkan pula pandangan ke depan, nampaklah bukit nun jauh di sonsang dan dinamai “ pandam”. Maka batas nagari Koto Tangah : dari pandan ke pandam, dari namuang ke cacah awan dan nagari ini dinamai dengan “ KOTO TANGAH ”.

Pada permulaan abad 17 nagari Koto Tangah Tilatang Kamang berkembang, sehingga dibagi menjadi 4 nagari yaitu : Koto Tangah lamo, V Surau, VII Nagari dan Sei. Tuak Koto Malintang. Pada tahun 1912 nagari yang empat tersebut disatukan kembali menjadi nagari Koto Tangah. Namun pada masa penjajahan Jepang dipecah kembali menjadi 4 nagari. Di tahun 1945 nagari yang 4 itu digabung jadi 2 nagari, yakni Sei Tuak Koto Malintang dan VII Nagari digabung jadi satu, nagari Koto Tangah lamo dan Limo surau digabung jadi satu pula. Pada tahun 1950 nagari yang dua ini kembali disatukan menjadi Nagari Koto Tangah sampai tahun 1983 dengan berlakunya UU Nomor 5 Tahun 1979 tentang pemerintahan desa. Dengan berlakunya UU ini maka nagari Koto Tangah dipecah jadi 28 Desa dan beberapa waktu kemudian desa-desa tersebut digabungkan jadi 12 desa.

Seiring dengan perkembangan pilitik dan pemerintahan dalam negeri, maka lahirlah UU nomor 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah. Hal ini ditindak lanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Agam dengan PERDA Kabupaten Agam Nomor 31 tahun 2001 tentang Pemerintahan Nagari. Dengan diberlakukannya Perda ini, maka 12 desa yang ada di Koto Tangah kembali dilebur menjadi satu nagari yakni nagari Koto Tangah yang terdiri dari 28 Jorong.

Luas daerah : 6219 Ha
Batas Wilayah Nagari :

a.Sebelah Utara : Nagari Magek dan Nagari Kamang Mudik
b.Selatan : Nagari Kapau
c.Barat : Nagari Koto Rantang dan Pasia Laweh
d.Timur : Nagari Bungo Koto Tuo dan Nagari Panampung

Nama-nama Jorong Dalam Nagari :

1.Koto Tangah Hilir :
2. Tambuo :
3. Jalikua P :
4. Uba
5. Guguk Koto Aur :
6. Ganting :
7. Sei Tuak :
8. Ngungun
9. Bukareh :
10. Baringin :
11. Patanghan :
12. Sonsang
13. Pandan :
14. Kalung Tapi :
15. Situmbuk :
16. Koto Malintang
17. Rawang Bunian :
18. Aur :
19. Tg Barulak :
20. Koto Laweh
21. Dalam Koto :
22. Dangu Baru :
23. Ld Tibarau :
24. Pincuran
25. Tampunik :
26. L Tunggak GG :
27. Parak Laweh :
28. Anduring MG

Tidak ada komentar: